Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Program GUI Editor BibTex

Program GUI Editor BibTex

Dalam menulis dokumen ilmiah terutama paper, jurnal, buku TA/thesis atau laporan teknis, sumber acuan harus disisipkan dalam tulisan.

Program editor teks pada umumnya (misalnya openoffice writer, Lyx) menggunakan database bibliography  yang berisi daftar pustaka beserta kata kunci uniknya yang dapat disisipkan dalam teks. Database ini dapat dibuat langsung dari program editornya yang kemudian akan embed dengan file dokumen. Database ini dapat pula tersimpan dalam file khusus (BibTex), dengan ekstensi salah satunya .bib.

Openoffice writer dapat menggunakan 2 mode masukan bibliography tersebut, embedded di file dan BibTex. Sedangkan Lyx, program GUI editor Latex, menggunakan file database BibTex.

File BibTex ini berupa teks dan mempunyai format XML. File ini dapat diedit menggunakan teks editor biasa. Program GUI khusus untuk mengedit file ini juga tersedia, seperti KBibTeX untuk KDE, Pybliographer untuk GNOME/Xfce dan WibTeX untuk Windows.

Saya menggunakan uBuntu GNOME. Program yang akan diinstall adalah Pybliographer. Untuk menginstall program dapat menggunakan aptitude atau dari Synaptic Package Manager.

didik@ubuntu:~$ sudo aptitude install pybliographer

Tampilan program pybliographer

Tampilan program pybliographer

 

Fasilitas edit, insert dan delete entry tersedia. Anda akan mendapatkan feel-nya saat mencoba menjalankan program tersebut.

File bibtex (beri ekstensi .bib) kemudian dapat digunakan untuk dokumen Lyx. Dari Lyx, klik menu Insert->List/TOC->BibTeX Bibliography. Tambahkan file bibtex ke dalam database. Entry dalam database kemudian dapat digunakan oleh dokumen Lyx.

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar