Home > Kuliah, Sistem Digital > UTS TSK-205 Sistem Digital

UTS TSK-205 Sistem Digital

Ujian tengah semester untuk mata kuliah TSK-205 Sistem Digital dilaksanakan hari ini (Rabu, 20 April 2011 jam 07.30). UTS ini diikuti oleh mahasiswa R1 dan R2 angkatan 2010. Tempat ujian dibagi menjadi 4 ruang untuk 120-an mahasiswa.

Ujian ini mengevaluasi pemahaman mahasiswa tentang sintesis dan analisis rangkaian logika. Satu problem desain dideskripsikan, yaitu berupa 3 buah fungsi dengan 4-variabel. Mahasiswa harus mendesain rangkaian minimum masing-masing 3 buah fungsi tersebut dan juga rangkaian multi-keluaran. Dalam desain, mahasiswa bebas memilih metode penyederhanaan fungsi baik dengan aljabar, K-map maupun tabular Quine. Rangkaian logika dan bentuk persamaan fungsinya juga bebas, bisa dalam bentuk SOP maupun POS, rangkaian 2-level maupun multilevel.

Kemudian, dari rangkaian multilevel, dilakukan analisis dengan 5 buah data untuk menguji rangkaian yang telah didesain.

Waktu ujian adalah 90 menit. Saya harus membatasi soal disesuaikan dengan waktu pengerjaan, misalnya jumlah prime implicant tiap fungsi dibatasi 3. Ini akan banyak mengurangi waktu pengerjaan.

Saat mahasiswa mengerjakan soal ujian, sempat juga saya masuk ke ruang. Ambil gambar, melihat ekspresi mahasiswa yang serius :D. Sempat juga membuat solusi UTS. Silahkan download sebagai referensi. Saya katakan ini adalah salah satu desain rangkaian untuk problem di atas. Ada kemungkinan desain lain.

File: salah satu solusi UTS TSK-205

Categories: Kuliah, Sistem Digital
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar