Home > Tutorial > Transfer File CPanel Menggunakan BareFTP

Transfer File CPanel Menggunakan BareFTP

cPanel digunakan untuk mengkonfigurasi suatu domain website. Laboratorium sistem embedded dan robotika jurusan teknik sistem komputer mempunyai situs website. Sebagai admin website, saya perlu untuk mentransfer file-file ke direktori website secara rekursif.

Transfer file ke direktori website bisa dilakukan langsung dari File Manager cPanel. Namun, kita hanya dapat mentransfer file tunggal lewat manajer ini. Memang ada trik untuk mengatasinya. Untuk transfer, file-file dikompres dan upload, kemudian diekstrak menggunakan fasilitas yang disediakan oleh manajer. Begitu juga jika akan mendownload direktori. Satu direktori dikompres, didownload dan kemudian diekstrak menggunakan ekstraktor di komputer kita.

Cukup ribet kan…

Ada cara lain yaitu dengan menggunakan program ftp client.  Berikut tips unuk mengupdate file-file situs menggunakan FTP client.

Saya menggunakan uBuntu dengan desktop gnome. Program ftp client yang saya gunakan adalah bareFTP. Program bareFTP diinstall menggunakan apt.

Untuk mengakses file-file website menggunakan protokol ftp diperlukan satu account. cPanel secara otomatis telah membuat account ‘istimewa’ untuk administrator. Untuk melihatnya bisa dilihat dari setting FTP Accounts di menu Files. Username sesuai dengan nama domain, dan password sesuai dengan password admin.

bareFTPBuka program bareFTP. Program ini menyediakan 2 panel yang masing-masing berisi list direktori dan file (lokal-remote, lokal-lokal atau remote-remote). Set hostname dengan hostname website (mis. embedded.undip.ac.id).  Set username dan password sesuai account ftp yang diberikan di cPanel. Simpan di bookmark sebagai shortcut untuk akses di kemudian hari.

Setelah terkoneksi, akan dibuka direktori home (‘/’) di salah satu panel bareFTP. Kita pun dapat mulai mentransfer file-file dari/ke website kita.

 

Categories: Tutorial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar