Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Chrome Extension: Download Assistant

Chrome Extension: Download Assistant

Seperti halnya browser internet yang lain (firefox, IE, opera), Google Chrome mempunyai program utility downloader internal. Namun, ada masalah dengan downloader ini, terutama saat digunakan di jaringan internet yang lambat dan tidak stabil (misalnya menggunakan modem GPRS/3G/EVDO).

Masalah dalam downloader ‘bawaan’ Chrome ini antara lain ia tidak mempunyai fasilitas resume, sehingga saat koneksi lost kita harus mendownload ulang. Selain itu juga, seringkali ia menyampaikan report done, tapi file yang didownload corrupt / tidak lengkap. File yang sudah terdownload jadi unusable, tidak dapat digunakan.

Untungnya Chrome mempunyai ekstensi Download Assistant yang bisa digunakan untuk mengganti memanaje proses download (termasuk memilih downloader eksternal yang digunakan). (Catatan jun2012: ekstensi ini sudah dihapus oleh authornya dari store Google, sehingga tidak bisa digunakan lagi. Alternatif downloader lainnya adalah jdownloads dan ekstensi chromenya)

Ada banyak downloader eksternal yang mempunyai fasilitas resume dan fitur unggulan lainnya yang dapat digunakan, antara lain wget dan FlashGet. Ekstensi download assistant akan memanggil program program downloader eksternal ini dan menjalankannya sebagai proses.

Saat ini yang bisa saya gunakan hanya wget. File yang didownload bisa single- maupun multi-. Untuk menggunakan wget sebagai downloader di Chrome yang perlu dilakukan adalah:

  1. Install ekstensi Download Assistant v5.0.2. Klik link tersebut dan klik tombol Add to Chrome;
  2. Konfigurasi Chrome: Customize and Control Chrome -> Tools -> Extensions. Pilih Options di ekstensi Download Assistant. Set Default Downloader (wget),  dan default download path-nya;
  3. Test dengan klik kanan link file yang akan didownload. Terdapat pilihan Download Assistant di popup menu yang dapat digunakan sesuai pilihan kita;
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar