Home > Kuliah, Logika Fuzzy > Sebaran Nilai UTS TSK-710 Logika Fuzzy

Sebaran Nilai UTS TSK-710 Logika Fuzzy

Minggu lalu, ujian tengah semester 2011/2012 untuk mengevaluasi proses pembelajaran telah dilakukan di Siskom. Ujian kuliah TSK-710 Logika Fuzzy yang saya ampu, telah dilaksanakan hari Jum’at (4/11/2011), yang diikuti oleh 17 orang mahasiswa. Hasilnya berimbang antara mahasiswa yang bernilai kurang dari 50 dengan yang lebih dari 50.

Berikut saya coba buat statistik sebaran nilai mahasiswa total dan nilai per soal. Semoga statistik ini bisa digunakan untuk perbaikan diri baik bagi mahasiswa maupun dosen dan bagi proses pembelajaran kuliah TSK-710 selanjutnya.

Materi diujikan dalam bentuk soal uraian yang berjumlah 4 buah, sebagai berikut:

  1. Soal #1 tentang konsep himpunan fuzzy dan crisp (bobot: 10). Soal ini menguji pemahaman mahasiswa dengan mengklasifikasikan himpunan fuzzy dan crisp berdasarkan problem berupa suatu pernyataan yang perlu dicarikan pendekatan solusi (C2)
  2. Soal #2 tentang representasi dan fungsi keanggotaan himpunan fuzzy (bobot: 25). Soal ini menguji kemampuan mahasiswa untuk menyatakan 3 buah himpunan fuzzy dalam bentuk matematis dan grafisnya, serta menyatakan himpunan support, level dan alpha-cutnya (C3)
  3. Soal #3 tentang operasi irisan dan gabungan (bobot: 35). Soal ini menguji kemampuan mahasiswa untuk melakukan operasi irisan dan/atau gabungan dari dua/lebih himpunan fuzzy (C3)
  4. Soal #4 tentang relasi dan komposisi (bobot: 30). Soal ini menguji kemampuan mahasiswa untuk menentukan produk kartesian dan komposisi max-min dan max-product (C3)

Sebaran nilai total mahasiswa adalah seperti gambar di bawah. Jumlah mahasiswa berimbang antara yang memperoleh nilai kurang dari 50 dan di atas 50.

Sebaran nilai per-soal ujian diperlihatkan di grafik bawah. Nilai dinyatakan dalam persentasi nilai yang diperoleh mahasiswa terhadap bobot nilai tiap soal.

 

Categories: Kuliah, Logika Fuzzy
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar