Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Program Ekstrak unrar di Linux Ubuntu

Program Ekstrak unrar di Linux Ubuntu

Saya menerima banyak file attachment yang dikompres berformat rar dalam email tugas mahasiswa maupun dari kolega. Ini dipilih mungkin karena rasio kompresi yang lebih tinggi daripada zip. Dan ukuran file attachment seringkali menjadi batasan/konstrain dalam email.

Hanya saja di Linux uBuntu (standar), program unrar-free tidak bisa digunakan untuk mengekstrak file ini. Program ini bisa membuka file .rar , namun hanya menghasilkan direktori kosong saat ekstraksi/dekompres. Program rar di Linux uBuntu berbayar. Saya tidak akan mengambil opsi ini.

Pilihan lainnya adalah menggunakan Free RAR Extract Frog dan The Unarchiver. Keduanya free software. Free RAR Extract Frog berformat biner Windows, sedangkan Unarchiver bisa Linux dan dapat mengekstrak kompresi lain (Zip, Tar-GZip, Tar-BZip2, RAR, 7-zip, LhA, StuffIt). Namun, saya baru mencoba yang Free RAR Extract Frog.

Di Linux uBuntu saya, saya menginstall dan menjalankan program Free RAR Extract Frog dengan bantuan Wine. Dan sejauh ini hasilnya memuaskan. Instalasi dilakukan dengan mendownload file exe dan menginstallnya dengan Wine. Setelah terinstall, program dapat dipanggil dengan mengklik kanan file terkompress rar dan pilih extract with Free RAR Extract Frog.

Mungkin saya perlu menginstall The Unarchiver, sehingga kalau mahasiswa mengirimkan attachment dengan format kompresi lainnya, misalnya 7z, saya sudah siap.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar