Home > Jurnal Sistem Komputer, Proyek Pengembangan > Upload Daftar Makalah ke Portal Garuda

Upload Daftar Makalah ke Portal Garuda

Upload daftar makalah dari Jurnal Sistem Komputer ke portal Garuda Dikti cukup merepotkan. Saya harus memasukkan daftar makalah dalam file teks *.csv (delimiter {tab}, text delimiter {double-quote}). (bukan bermaksud untuk ofensif. Saya hanya berpikir pasti ada cara yang lebih elegan untuk mengupdate index suatu jurnal ke portal garuda).

Dan at last, alhamdulillah makalah yang terbit di jurnal sistem komputer sudah terindeks di portal Garuda secara otomatis lewat OAI

Memang disebutkan, ada 2 cara upload daftar makalah: 1) secara otomatis dengan OAI dan 2) secara manual. Hanya saja, tidak dijelaskan bagaimana cara memasukkan OAI di portal ini. Apakah memang sudah disupport atau belum, saya pribadi tidak tahu pasti.

Kemarin (24/01/12, red) saya mendapat balasan email dari pengelola Garuda yang meminta alamat url OAI jurnal sistem komputer untuk dimasukkan ke sistem Garuda. That is it :). Terima kasih, pak Sony. Dengan OAI, update makalah-makalah yang dipublikasikan di jurnal sistem komputer secara otomatis dapat ditemukan linknya di portal Garuda.

Akhirnya, daftar makalah saya masukkan dalam file *.csv dengan field sesuai panduan. Kemudian setelah login di http://jurnal.dikti.go.id/input/login.html, file tersebut saya upload. Sebelum submit, muncul konfirmasi dan contoh makalah yang ada dalam daftar. Ok, informasi makalah telah sesuai dengan yang saya masukkan.

Setelah submit, tidak ada error. Ini menandakan record sudah terkopi ke sistem. Namun, saat mencari salah satu judul makalah, judul tersebut tidak ditemukan. Itu artinya, record belum tersimpan di database. Duh, terpaksa harus nunggu balasan pengelola porta Garuda :(. Saya sampai saat ini (25/01/2012, red) masih menganggap ada bug submisi file csv di portal Garuda.

Related post: Jurnal Sistem Komputer Telah Terindeks Di Portal Garuda

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar