Home > Umum > Java Robot Contest 2012 – Surabaya

Java Robot Contest 2012 – Surabaya

Akhir minggu ini, hari-hari yang sangat spesial. Untuk pertama kalinya saya ikut mendampingi tim robot mahasiswa yang berlomba di ajang Java Robot Contest 2012 memperebutkan piala Mendiknas di EEPIS-ITS Surabaya. Saya dapat melihat dan merasakan dari dekat semangat, excitement dan harapan mahasiswa2 robotik yang berjuang di sana. Banyak penyegaran dan pengalaman yang dilakoni, yang melahirkan gagasan dan semangat untuk menumbuhkan grup robotika Siskom Undip.

Perjalanan dimulai hari Jum’at (2/3/2012) dari stasiun Tawang Semarang. Perjalanan dengan kereta Rajawali membutuhkan waktu 4 jam. Kami bertiga tiba di stasiun Pasar Turi Surabaya jam 2-an. (Quiz: jam berapa kami berangkat dari stasiun Tawang? hehehe).

Saya sendiri baru pertama kali pergi ke kota Surabaya. Gelap lah dengan tempat-tempat di kota ini. ITS Sukalila mana yah? Berapa jauh dari stasiun? Harus naik apa untuk menuju ke sana? Iseng buka google-map, dan mencoba menggunakan tool petunjuk arah dari Pasar Turi ke ITS Sukalila. Dengan tool itu, kami tahu harus menempuh jarak 11 km dengan petunjuk arahnya, dan kami putuskan naik taksi. Membantu banget nih teknologi.

Gedung Pusat Robotika ITS

Hari pertama, kami kunjungi lokasi lomba di gedung Pusat Robotika. Wow, gedungnya segedhe itu. Andai Undip bisa menyediakan gedung yang nantinya menjadi pusat pengembangan robotika Undip, yang melibatkan grup riset dari Siskom, Elektro, Mesin, Perkapalan dan jurusan-jurusan lain…

Rangkaian lomba di ajang JRC ini dibuka hari Sabtu (4/3/2012). Berbagai lomba diadakan mulai untuk anak SD, SMP, SMA/SMK dan PT. Lomba untuk kategori robot meliputi line tracer (LT) microlabirin (maze solving? saya pikir bukan solving, nggak tepat), LT micro on the spot, LT analog,  LT analog estafet dan Robo soccer.

Menunggu Giliran Berlaga

Keakraban Peserta Lomba

Hmm, anak SD sudah dibiasakan berkenalan dengan robot. Mungkin nanti kegiatan pengabdian masyarakat Siskom diarahkan ke pengenalan robot secara dini ke SD/SMP se-Semarang. Robotika juga sudah tidak didominasi lagi oleh anak cowok, peserta cewek pun mantap-mantap… :). Setuju, Jon? O iya, sempat juga mencicipi lontong balap.. (kwkwkw), gimana Jon dan Dan rasa taugenya.. hahahaha.

 

Tim robotika Siskom (DD, danial-dwi) berlaga di LT microlabirin dengan peserta 63 tim dari UGM, UNY, PENS, ITB, dan universitas lain se-Jawa. Dari kegiatan lomba, secara teknis tim DD bisa bersaing. Algoritm, program dan hardware robot telah siap. Walaupun tidak bisa masuk 16 besar, tapi tim DD telah memperlebar jalan untuk mulai mengembangkan grup robotika di Siskom, secara mental dan pengetahuan… Bahkan, tanggal 24/03/2012 robot tim DD dijadwalkan tanding dengan robot Bajaj yang saya buat. Microlabirin/maze, maze-solving (blind track) dan racing 🙂

Humanoid Soccer Digiware

Hari terakhir, kami berkunjung lagi ke tempat lomba JRC tuk mampir ke stand digi-ware.com yang ada di arena lomba. Saya menyisakan uang untuk membeli sepasang motor DC dengan 620rpm, reduksi 1:24, dengan harga 120 perbuah. John juga membeli 1 battery lipo 11.1v, 3 sel seharga 130rb. Rencana part itu akan saya digunakan di robot Bajaj yang akan bertanding di tanggal 24/03.

Sebelum balik ke Semarang, kami jalan-jalan ke tugu pahlawan, mencoba melihat sisi sejarah kota Surabaya :).

Pahlawan Sejati Quote

Soekarno - Hatta

Hotel Yamato

Indonesia - My Country

Minggu sore, kami balik ke Semarang menggunakan kereta Gumarang jurusan Surabaya – Jakarta. Di tengah jalan, penumpang ke Semarang harus diturunkan di stasiun sekitar Purwodadi, karena kereta Gumarang harus dialihkan jalurnya lewat Selatan/Solo. Menurut informasi, ada evakuasi kereta akibat kecelakaan di Batang antara kereta kaligung ekspres dengan truk pembawa galon. Penumpang ke Semarang yang berjumlah sekitar 100-an akan dialihkan ke kereta Sembrani yang datang jam 22.15. Ya udah, nggak papa. Alhamdulillah, akhirnya sampai juga di stasiun Tawang jam 23.00.

Secara garis besar, ini merupakan pengalaman yang spesial bagi saya untuk melihat langsung mahasiswa berkompetisi. Ajang ini adalah challenge untuk mengukur kemampuan kita dan sejauh mana kita telah melangkah. Dan mahasiswa sudah berani mengambil tantangan tersebut. Mudah-mudahan ini mendorong mahasiswa lain dapat bersama-sama mengembangkan grup robotika di lab. Sistem Embedded dan robotika Siskom.

Categories: Umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar