Home > Kuliah, Sistem Digital > Kontrak Kuliah TSK-205 Sistem Digital TA 2011/2012

Kontrak Kuliah TSK-205 Sistem Digital TA 2011/2012

Berikut kontrak kuliah TSK-205 Sistem Digital yang saya tawarkan.

  1. Deskripsi
    Kuliah ini mempelajari dasar-dasar sistem digital mulai dari konsep, aljabar Boolean, gerbang logika, analisis dan sintesis rangkaian logika, rangkaian logika minimal, teknologi implementasi dengan CMOS dan PLD, representasi bilangan dan operasi aritmetika, blok rangkaian kombinasional, rangkaian sekuensial: latch, flip-flop, register dan counter. Teknologi implementasi diarahkan menggunakan chip standar TTL dan CMOS.
  2. Standar kompetensi yang disasar
    Setelah lulus kuliah ini, mahasiswa akan mampu memahami secara komprehensif tentang konsep dasar sistem digital. Dengan pemahaman konsep tersebut, mahasiswa akan mampu merancang dan menganalisis, mengimplementasikan, mengaplikasikan rangkaian digital (menggunakan teknologi TTL/CMOS) dan mengkomunikasikan solusi desain sistem digital dengan jelas, runut dan tepat baik tertulis maupun lisan. Mahasiswa akan mampu melakukan simulasi rangkaian logika dengan menggunakan program simulator, misalnya Qucs dari Michael Margraf (Quite Universal Circuit Simulator) atau program simulator lainnya.
  3. Kompetensi dasar yang harus dimiliki mahasiswa
    Terdapat 33 daftar kompetensi dasar yang harus dimiliki mahasiswa setelah mengikuti kuliah ini, mulai dari mengenal (C1, cognitive level-1, understand) sampai mampu berkreasi (C6, cognitive level-6, creating). Ini yang akan menjadi dasar evaluasi pembelajaran.
  4. Metode dan durasi kuliah
    Kuliah dilakukan dengan metode tatap muka selama 2 x 50 menit yang berisi ceramah dan diskusi. Perkuliahan akan dilakukan setidaknya dalam 14 kali tatap muka sesuai jadwal. Waktu tambahan tatap muka di luar jadwal diberikan untuk kegiatan responsi dan kuis. Penetapan waktu tambahan akan diumumkan di blog ini.
  5. Kriteria penilaian
    Terdapat 4 komponen penilaian: tugas (20%), kuis (20%), UTS (30%) dan UAS (30%). Total nilai adalah 100.
    Kriteria nilai akhir adalah sebagai berikut: 

    Nilai AkhirNilai AngkaNilai Bobot
    NA > 80A4
    65 < NA <= 80B3
    50 < NA <= 65C2
    35 < NA <= 50D1
    NA <= 35E0
  6. Lain-lain
    1. Kuliah akan dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan mahasiswa diharapkan datang tepat waktu. Perubahan waktu akan diberitahukan lewat blog ini;
    2. Kehadiran perkuliahan minimal 75 % dari yang dijadwalkan sebagai prasyarat mengikuti ujian akhir semester;

Download: Kontrak Kuliah TSK-205 Sistem Digital TA 2011/2012
Link web: mata kuliah TSK-205

Categories: Kuliah, Sistem Digital
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar