Prosedur Pengajuan ISSN untuk Jurnal Cetak dan Online

May 3rd, 2012 by didik Leave a reply »

Pengajuan ISSN (International Standard of Serial Number) untuk terbitan berkala baik cetak maupun elektronik (online) dapat dilakukan secara online. Jika prasyaratnya telah lengkap, proses penerbitan ISSN hanya membutuhkan 1 hari kerja. Adapun kategori terbitan berkala ini adalah antara lain majalah, surat kabar, buletin, buku tahunan, laporan tahunan, jurnal maupun prosiding aneka pertemuan ilmiah.

Alamat web (URL) untuk mengajukan ISSN ini dapat ditemui di http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi. Di link tersebut dijelaskan tentang daftar ISSN yang telah terbit, informasi lengkap tentang ISSN dan prosedur pengajuan ISSN baru serta formulir pengajuan ISSN.

ISSN akan digunakan salah satunya sebagai prasyarat indexing, misalnya oleh Scopus, Elsevier, DOAJ, Portal Garuda. Sebuah terbitan berkala harus mempunyai satu ISSN untuk satu media. Artinya, jika jurnal tersebut diterbitkan dalam versi cetak dan online, maka harus mempunyai 2 ISSN, masing-masing untuk cetak dan online. Untuk media online, seringkali dituliskan sebagai e-ISSN, yaitu electronic-ISSN. Misalnya, Jurnal Sistem Komputer mempunyai ISSN: 2087-4685 (printed) dan
EISSN: 2252-3456 (online).

Prasyarat minimal yang perlu disiapkan adalah:

  1. Halaman sampul depan terbitan berkala lengkap dengan penulisan volume, nomor, dan tahun terbit;
  2. Halaman daftar isi;
  3. Halaman daftar Dewan Redaksi;
  4. Hasil scan transfer biaya administrasi pengurusan nomor ISSN;

Seluruh dokumen disiapkan dalam bentuk data elektronik dengan format PDF dan dikompres dengan format ZIP. Untuk media elektronik bisa digantikan dengan tampilan situs (snapshot/printscreen) yang memuat informasi terkait. Informasi lengkap dapat dilihat di Informasi ISSN dan Prosedur Terkait.

Formulir ISSN

Untuk mengajukan ISSN baru, dari link di atas, klik “Formulir Pengajuan ISSN Baru”. Sebuah formulir muncul untuk mengisi nama terbitan, frekuensi, pengelola, penanggungjawab terbitan dan alamat kontaknya. Isi dengan lengkap dan simpan. Sebuah email berisi nomor ID dan kata sandi akan dikirimkan ke alamat email yang kita masukkan ke formulir.

Nomor ID dan kata sandi tersebut akan digunakan untuk login dan memasukkan/mengupload prasyarat-prasyarat tersebut di atas.

Setelah prasyarat diupload dan permohonan disetujui, paling lambat 1 hari kerja nomor ajuan ISSN akan diterbitkan dan ditampilkan di daftar ISSN.

Selamat Berkarya.

Upload dokumen ISSN

Upload dokumen ISSN untuk http://jsiskom.undip.ac.id

Share on Facebook
Share and Enjoy:
  • Print
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google Bookmarks
  • Blogplay
Advertisement

4 comments

  1. Abel says:

    Mohon pencerahan, saya sudah mendaftarkan issn untuk berkala elektronik, namun yang saya upload bukan screenshot web, apakah issn yang saya terima benar sebagai e-issn ?

  2. Bayu says:

    Mohon informasi, bagaimanakah cara mengurus e-issn?
    Saya sudah ke situs LIPI, belum ketemu caranya

    Terima Kasih Pak Didik

Leave a Reply

CAPTCHA Image
*

Page optimized by WP Minify WordPress Plugin