Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Instalasi Kicad di uBuntu

Instalasi Kicad di uBuntu

Sempat ada masalah saat menjalankan Kicad (program untuk membuat pcb/printed circuit board) di Linux uBuntu (Lucid). Pesan yang muncul adalah:
$ kicad
kicad: relocation error: kicad: symbol _ZN12wxAuiToolBarC1EP8wxWindowiRK7wxPointRK6wxSizel, version WXU_2.8.9 not defined in file libwx_gtk2u_aui-2.8.so.0 with link time reference

Masalah ini timbul karena simbol tersebut tidak ada di libwxgtk2.8-0. Libwxgtk2.8-0 ini dibutuhkan oleh Kicad sebagai pustaka grafisnya. Setelah ditelusuri, permasalahannya adalah versi libwxgtk2.8-0. Pustaka ini ternyata telah terupdate secara otomatis oleh OS.

Upgrade Kicad ke versi terbaru juga tidak menyelesaikan masalah. Relocation error masih muncul. Upgrade dilakukan dari paket Kicad untuk uBuntu di ppa:adamwolf/kicad-testing-daily

$ sudo add-apt-repository ppa:adamwolf/kicad-testing-daily
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get reinstall kicad

Relocation error itu sendiri sebenarnya muncul karena loader dinamik (ld) tidak menemukan simbol yang diminta oleh kicad di libwxgtk. Relocation dilakukan saat linking file executable kicad. Jadi, satu-satunya cara adalah mengkompile dari kode sumbernya.

$ wget -c http://iut-tice.ujf-grenoble.fr/cao/kicad_sources-2012-01-19-BZR3256-stable.zip
$ tar xzf kicad_sources-2012-01-19-BZR3256-stable.zip
$ mkdir build
$ cd build
$ cmake ../ -DCMAKE_INSTALL_PREFIX=/usr -DKICAD_STABLE_VERSION=ON
$ sudo make install

Kicad akan terinstall dengan prefik /usr. Error sebelumnya tidak akan muncul kembali, dan Kicad dapat berjalan dengan nyaman :). Dan proyek untuk membuat rangkaian mikrokontroler siap dimulai.

Note: kode sumber tidak menyertakan library dan module komponen. Library dan module komponen Kicad tersedia di paket kicad-common. Jadi, triknya adalah menginstall paket kicad dan kicad-common dengan apt dan menimpa kicad dengan cmake install.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar