Home > Kuliah, Metodologi Penelitian > Menulis Skripsi atau Laporan Tugas Akhir

Menulis Skripsi atau Laporan Tugas Akhir

Program Studi Sistem Komputer diharapkan bisa meluluskan mahasiswa angkatan pertama (2008) di tahun 2012 ini.  Salah satu yang harus dipenuhi oleh mahasiswa adalah menulis laporan penelitian tugas akhir (skripsi).

Saat ini, beberapa mahasiswa sedang mengerjakan penelitian tugas akhirnya. Tugas akhir ini berawal dari latar belakang permasalahan. Mahasiswa kemudian merumuskan dan menawarkan solusi untuk memecahkan masalah tersebut serta mengajukan hipotesis. Solusi bisa diajukan berdasarkan hasil penelusuran referensi ilmiah dan teknologi yang ada.

Kegiatan penelitian dilakukan sesuai dengan metodologi yang dipilih, yaitu tahapan yang perlu dilakukan agar sasaran penelitian untuk memecahkan masalah dapat dicapai. Umumnya metodologi diimplementasikan secara top-down, yaitu berawal dari spesifikasi kebutuhan, desain, implementasi, pengujian dan testbed. 

Seluruh tahapan kegiatan kemudian dituangkan dalam dokumen skripsi sebagai salah satu luaran penelitian tugas akhir ini. Skripsi akan diuji baik dari segi naskah maupun materinya lewat sidang tugas akhir. Semoga tahun ini ada mahasiswa yang lulus sidang dan berhak menyandang gelar Sarjana Teknik.

Berikut tulisan pak Lukito Edi Nugroho (UGM) tentang alur penulisan skripsi.

Tahapan menulis skripsi, tesis dan disertasi

Tahapan menulis skripsi, tesis dan disertasi

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar