Home > Umum > Diklat Prajab Angkatan 18 Tahun 2012

Diklat Prajab Angkatan 18 Tahun 2012

Diklat Prajabatan CPNS Gol III tahun 2012 di Pusbangtendik Depok yang saya ikuti sebagai prasyarat diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil akan selesai hari ini (26/11/2012). Kegiatan diklat ini telah berlangsung sejak tanggal 5/11 atau selama 22 hari, lebih cepat 2 hari dari yang direncanakan. Artikel ini merupakan jurnal selama kegiatan prajab.

Beragam kesan dan manfaat dapat saya peroleh dalam diklat ini. Secara material diktat, dinilai “cukup tahu” saja :). Namun, berbaur dengan teman-teman seangkatan dari berbagai daerah itulah yang istimewa. Karakter, pola pikir, semangat dan perilaku mereka tergambar jelas saat berinteraksi. Dan, saya bersyukur dipertemukan dengan mereka. Bukankah kita diperintahkan untuk selalu memanfaatkan setiap waktu kita sebaik-baiknya?

Usaha untuk mengikut prajab ini cukup mendaki. Kami (saya, bu Titik, mbak Noera) dari Fak Teknik Undip sebenarnya “diproyeksikan” untuk mengikuti prajab tahun 2013, karena tidak adanya panggilan sampai gelombang akhir (gel 19) di tahun 2012 ini. Dengan kata lain, kami bertiga yang tersisa dari Undip. Dan dalam bayangan kami, prajab 2013 is “a nightmare”. Lulus prajab ini merupakan prasyarat CPNS untuk diangkat menjadi PNS. Sesuai dengan PP Nomor 101 Tahun 2000, semua CPNS harus mengikuti diklat prajabatan selambat-lambatnya 2 tahun sejak SK CPNS. Belum lagi, wacana kurikulum prajab yang 3 bulan.

Beruntunglah, teman-teman yang sedang prajab di Pusbangtendik ikut peduli, hingga didapatkanlah sebuah nomor kontak Pusbangtendik yang mengurusi diklat. Kami bertiga sepakat untuk menanyakan langsung ke beliau lewat SMS. Dan alhamdulillah, masuklah nama kami sebagai peserta prajab gelombang 18. Bisa saya rasakan kebahagiaan bu Noera saat menelpon saya bahwa ada 6 posisi yang kosong di gelombang 18. Dan berangkatlah kami sebagai peserta diklat prajab gelombang 18 tahun 2012.

Baru kemudian kami ketahui sistem pemanggilan peserta prajab ini. Memang belum sinkron antara Pusbangtendik dan BAK institusi. CPNS harus proaktif untuk menanyakan langsung ke Pusbangtendik. Sikap menunggu panggilan? lakukan saja jika Anda punya alasan jelas.

(bersambung)

Categories: Umum
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar