Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Program Download di Ubuntu

Program Download di Ubuntu

Urusan download sekarang bukan jadi masalah di Ubuntu. Sebelumnya saya hanya mengandalkan program download built-in dari browser. File hasil download dari Chrome sering corrupt untuk file yang besar dan koneksi yang tidak stabil. Dari firefox, kombinasi addons flashget dan wget cukup memberikan proses download yang cukup handal. Tapi, adakah fitur accelerator di program built-in tersebut?

Saat ini terdapat pilihan program download di Linux Ubuntu yang dilengkapi dengan accelerator dan fitur resume untuk melanjutkan download yang sempat terputus>. Program tersebut di antaranya flareget dan prozilla (plus apt-proz). Keduanya merupakan program download accelerator gratis untuk Linux, yang dapat membuka banyak koneksi dan mendownload segmen-segmen file secara simultan, sehingga mempercepat proses download. Jadi, ini program must-have yang harus diinstall.

Tiap program tersebut mempunyai kelebihan. Mana yang lebih cepat? saya tidak akan membandingkannya. Dengan karakteristiknya masing-masing, semua program akan saya install. Flareget menyediakan GUI berbasis Qt dan dapat terintegrasi dengan semua browser. Prozilla menyediakan GUI berbasis curses dan dapat terintegrasi dengan program apt-get (lewat apt-proz) serta browser.

Instalasi Flareget

  1. Download flareget_1.2-3(beta) dari sourceforge. Versi download lainnya dapat dilihat di sini. Download bisa dilakukan dari browser maupun terminal konsol. Dari terminal, gunakan wget.
    $ wget http://nchc.dl.sourceforge.net/project/flareget/Linux/flareget_1.2-3%28beta%29_deb_rpm.tar.gz
  2. Ekstrak flareget. Ini bisa klik dari file eksplorer maupun terminal.
    $ tar xvf flareget_1.2-3%28beta%29_deb_rpm.tar.gz
    Tarball berisi paket-paket debian (*.deb) dan rpm baik untuk arsitektur i386 maupun x86_64 yang terekstrak di direktori flareget_1.2-3(beta)_deb_rpm.
  3. Install flareget untuk Ubuntu
    $ sudo dpkg -i flareget_1.2-3(beta)_deb_rpm/debs/flareget_1.2-3_i386.deb
    Program download manager telah siap digunakan.

Integrasi flareget ke browser (misalnya firefox) dilakukan agar dapat secara otomatis menggunakan flareget sebagai downloadernya. Install terlebih dahulu addon flashgot di firefox. Restart firefox setelah instalasi flareget dan addons flashgot.
Buka jendela preferensi flashgot dengan mengklik menu Firefox Tools->FlashGot->More Options.... Pilih “flareget” sebagai download manager defaultnya.
Setelah terintegrasi, maka setiap mengklik satu link download di browser, akan muncul pilihan untuk menggunakan Flashgot dan manager downloadnya.

Integrasi flareget di firefox

Integrasi flareget di firefox

Instalasi prozilla dan apt-proz
Paket ubuntu prozilla dan apt-proz terdapat di ppa. Instalasi dilakukan lewat terminal.

$ sudo add-apt-repository ppa:tahutek-team/prozilla
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install prozilla apt-proz

Program prozilla dan apt-proz bisa dijalankan dari terminal. Prozilla “menggantikan” wget, dan apt-proz “menggantikan” apt-get.
Perintah untuk menjalankan prozilla (proz):
$ proz
Untuk perintah lengkapnya dapat diketikkan proz --help dari Terminal.
Perintah untuk menjalankan apt-proz mirip seperi apt-get:
$ apt-proz --help
Misalnya untuk menginstall kicad EDA:
$ sudo apt-proz install kicad

Apt-proz untuk menginstall kicad

Apt-proz untuk menginstall kicad


Integrasi flareget ke browser firefox dilakukan agar dapat secara otomatis menggunakan prozilla sebagai downloadernya. Install terlebih dahulu addon flashgot di firefox. Restart firefox setelah instalasi prozilla dan addons flashgot.
Buka jendela preferensi flashgot dengan mengklik menu Firefox Tools->FlashGot->More Options.... Pilih “prozilla” sebagai download manager defaultnya. Setelah terintegrasi, maka setiap mengklik satu link download di browser, akan muncul pilihan untuk menggunakan Flashgot dan manager downloadnya.
Integrasi prozilla di firefox

Integrasi prozilla di firefox

Sumber:

  1. flareGet – Download Manager for Linux
  2. ProZilla – a download accellerator
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar