Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Menambah Printer Lokal HP LaserJet P1102 di Ubuntu 12.10

Menambah Printer Lokal HP LaserJet P1102 di Ubuntu 12.10

Pengguna Linux desktop semakin dipermudah untuk mengakses peripheral yang sering digunakan sehari-hari. Salah satunya adalah printer yang sering digunakan untuk mencetak dokumen.

http://www8.hp.com

Menambah printer lokal di Linux desktop uBuntu 12.10 dapat dilakukan dengan mudah. Melalui jendela System Settings, printer lokal dapat dideteksi dan kemudian ditambahkan, sehingga dapat dilihat oleh semua aplikasi yang ada di sistem untuk mencetak dokumen/file.

Printer yang akan ditambahkan adalah HP LaserJet P1102 dengan antarmuka USB Printer ini sudah dikenali kernel uBuntu 12.10, sehingga tidak memerlukan device driver tambahan lagi. Anda tidak akan membutuhkan CD driver untuk menginstall dan mengaktifkan printer ini.

Berikut cara untuk menambahkan printer lokal di desktop uBuntu 12.10 (Quantal):

  1. Sambungkan kabel USB ke komputer Linux. Nyalakan printer. Otomatis device driver akan diload oleh kernel (lewat udev) di background. Anda tidak perlu mengkhawatirkannya.
  2. Dari menu, klik Applications->System Tools->System Settings. Klik ikon Printers di bagian Hardware.
    SystemSettings-All
  3. Muncul jendela Printers. Klik tombol Add New Printer
    Add New Printer
  4. Printer lokal (yaitu HP LaserJet P1102) secara otomatis akan terdeteksi dan ditampilkan di jendela daftar printer. Klik tombol Add untuk menambahkannya ke sistem, sehingga dapat digunakan oleh aplikasi lain
    Printer lokal terdeteksi
  5. Printer HP LaserJet P1102 telah ditambahkan di sistem dan siap digunakan. Anda bisa mengeset printer ini sebagai printer default.
    HP LaserJet P1102 telah ditambahkan

Selamat mencoba.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar