Home > Server Linux, Tutorial > Menjaga Program Daemon Tetap Hidup

Menjaga Program Daemon Tetap Hidup

Program daemon seringkali membawa layanan yang harus tetap hidup. Namun, kadang kala daemon keluar (exit) yang bisa disebabkan oleh program fault atau lainnya. Begitu daemon mati, layanan tidak bisa dihantarkan ke pengguna.

Salah satu contoh layanan adalah webserver dengan nginx. Nginx menggunakan fcgi dari thttpd sebagai gateway ke skrip php, perl. Gateway fcgi ini berjalan sebagai daemon, yang melayani permintaan nginx untuk menerjemahkan skrip php/perl menjadi kode html. Program (daemon) fcgi ini yang sering masalah, yaitu sering keluar, sehingga nginx akan menganggap gateway error.

Fcgi harus dipastikan selalu jalan. Solusinya adalah mengecek apakan daemon sedang berjalan atau tidak dalam selang waktu tertentu (misalnya 1 detik), kemudian menjalankan fcgi kalau daemon ternyata mati.

Skrip /usr/bin/safe_fcgi akan dibuat.
$ sudo cat > /usr/bin/safe_fcgi << EOF #!/bin/sh while true; do PROCESS=`ps -A | grep php5-cgi` if [ "$PROCESS" = "" ] then # Not found - start process /usr/bin/spawn-fcgi -a 127.0.0.1 -p 9000 -u www-data -g www-data -f /usr/bin/php5-cgi -P /var/run/fastcgi-php.pid fi sleep 1 done EOF $ sudo chmod ug+x /usr/bin/safe_fcgi

Jalankan program secara otomatis saat booting. Tambahkan baris di file /etc/rc.local:
$ sudo cat >> /etc/rc.local << EOF /usr/bin/safe_fcgi & EOF

Dan daemon gateway fcgi untuk nginx akan selalu hidup. Jika diinginkan daemon yang lain juga tetap hidup, caranya sama. Anda tinggal menyesuaikan.

Categories: Server Linux, Tutorial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar