Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Program CAD Interior di Linux

Program CAD Interior di Linux

Bagi seorang yang tidak pernah belajar teknik arsitektur, termasuk saya, mungkin akan menolak jika diminta untuk menggambar desain rumah dan tata ruangnya. I have no skill on it at all. Terbayang betapa susahnya. Namun, ada tuntutan untuk membuat bagan rumah pribadi yang sedang akan dibangun. Apa boleh buat, lebih baik mencoba.

Untungnya ada program CAD (computer-aided design, program berbantuan komputer) yang bisa memudahkan untuk membuat bagan rumah. Dengan mencari di Google dengan kata kunci “architecture linux CAD” ditemukan banyak tautan, di antaranya ada Archimedes (An Architecture Open CAD) dan Qcad (2D CAD system for Linux). Tapi yang paling menarik adalah diskusi “Architecture / Home CAD for non-architects – Ubuntu Forums“.

Di forum Ubuntu tersebut ditawarkan beragam CAD yang user-friendly, yaitu di antaranya Google sketchup, Qcad (tanpa 3D), Bricscad (berbayar), dan Sweet Home 3D. Pilihan jatuh ke Sweet Home 3D.

SweetHome3D merupakan program CAD untuk desain interior. Dengan program tersebut, kita bisa menggambar rencana rumah, menyusun furnitur dan menampilkannya dalam 3D. Petunjuk penggunaaan dan tutorial video dapat dijumpai di situs SweetHome3D.

Program ini dapat berjalan di Linux Ubuntu (LinuxMint). Untuk menginstallnya, berikut caranya:

  1. Download tarbal binernya dari http://www.sweethome3d.com/download.jsp. Versi saat ini adalah SweetHome3D-4.0-linux-x86.tgz
    ~$ wget http://jaist.dl.sourceforge.net/project/sweethome3d/SweetHome3D/SweetHome3D-4.0/SweetHome3D-4.0-linux-x86.tgz
  2. Ekstraks tarball
    ~$ tar xvf SweetHome3D-4.0-linux-x86.tgz
  3. Jalankan program SweetHome3D dari manajer file Nautilus atau dari konsole.
    ~$ cd SweetHome3D-4.0
    ~/SweetHome3D-4.0$ ./SweetHome3D

Screenshot from 2013-04-20 00:17:01

Selamat mencoba.

Referensi:

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar