Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Hyphenation di Lyx (Latex)

Hyphenation di Lyx (Latex)

Lyx menyediakan GUI untuk membuat file Latex. File output (pdf, ps, atau lainnya) dibangkitkan oleh prosesor TeX dari file Latex. Latex memberikan konsistensi format dokumen baik saat pengeditan maupun pembangkitkan file luaran.

Latex seperti halnya kode sumber yang berisi perintah, bisa dikompilasi dan menghasilkan luaran yang diinginkan di sebarang platform. Karena kode sumbernya sama, maka hasilnya juga sama di semua platform. Beda halnya file dokumen (biner) yang dibuat dengan Word maupun OpenOffice. Kadangkala formatnya akan berubah begitu dokumen dibuka di komputer lain.

Di Lyx menyediakan hyphenation (pemenggalan kata). Jika kalimat atau paragraf terlalu panjang melebihi lebar kertas, maka hasil tampilan kalimat akan dipotong kata-katanya dan memberikan tanda -.  Namun, kadang pemotongan kata tidak sesuai, misalnya paling akan dipotong menjadi pal-ing. Tentu saja ini tidak benar.

hyphenation-error

Untuk memperbaikinya, tambahkan titik hyphenation dengan perintah \hyphenation. Tambahkan baris berikut ke preamble dari setting dokumen (Document -> Settings -> Preamble) untuk menyeting hyphenation kata “paling” dan “ada”. Kata “paling” bisa dipecah menjadi pa-ling, sedangkan “ada” jangan dipecah.

\hyphenation {pa-ling ada}

Hasilnya adalah seperti gambar berikut.

hyphenation-ok

Referensi:

 

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar