Home > Desain Web, Proyek Pengembangan, Server Linux, Tutorial > Cpanel: Could not prepare working directory

Cpanel: Could not prepare working directory

Sebagai pengelola salah satu situs web, saya mendapatkan email pemberitahuan (notifikasi) dari hoster web, yang berisi update software CMS (wordpress) yang saya gunakan. Dalam email, disertakan instruksi untuk mengupgrade software tersebut menggunakan antarmuka cPanel.

Namun, saat link untuk upgrade diklik dan saya sudah login dengan account yang saya miliki, muncul pesan error sebagai berikut:

Manage cPAddons Site Software
Upgrading xxxxx cPanel::Blogs::WordPress.0.yaml installation here…
Site Software cPanel::Blogs::WordPress

This is a cPanel packaged module. (v0.6)

Website http://www.wordpress.org/

Requires MySQL 5 or newer.

Could not prepare working directory: No such file or directory

Berikut cara untuk mengatasi error tersebut.

Dari link referensi di bawah, disarankan untuk mengecek folder/direktori $homedir/public_html/wp-content/upgrade dan mengeset permissionnya ke 777 (dan setelah upgrade dikembalikan lagi ke 755).  Namun, cara tersebut tidak memecahkan error tersebut. Dugaan saya karena direktori tempat upload dan install wordpress terbaru (workinginstall) tidak diset dengan benar oleh script yang ada di $homedir/.cpaddons/cPanel::Blogs::WordPress.0.yaml. Mungkin nanti akan coba dieksplor.

Karena upgrade penting terutama masalah keamanan, yang saya lakukan adalah mengupgrade CMS wordpress secara manual dari wp-admin (administrator). WordPress menyediakan link untuk upgrade lewat jendela administrator.

Yang perlu dipastikan adalah database yang digunakan untuk CMS ini dibackup terlebih dahulu. Backup database bisa dilakukan dari Cpanel->PhpMyAdmin. Selain itu, file-file yang penting di public_html juga perlu dibackup dan disimpan di $homedir.

Anda tidak ingin terganggu oleh email notifikasi Hoster Web?Saya belum menemukan konfigurasinya di cpanel. Namun, cara cepatnya adalah dengan memindahkan file cPanel::Blogs::WordPress.0.yaml keluar dari direktori $homedir/.cpaddons/

Referensi:

cpanel-upgrade

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar