Home > Kuliah, Sistem Digital > Rangkaian TTL Standar

Rangkaian TTL Standar

Rangkaian TTL untuk mengimplementasikan suatu fungsi logika tertentu dikemas dalam satu chip menjadi rangkaian terintegrasi (IC, integrated circuit). IC ini disebut juga IC TTL. IC TTL ini kemudian distandarkan untuk jaminan kompatibilitas antar-produsen chip, terutama penomoran IC dan fungsi logika yang diwakilinya, sehingga disebut juga IC TTL standar.

Rangkaian logika sederhana umumnya diimplementasikan menggunakan IC TTL standar. Untuk mengimplementasikan rangkaian logika, desainer perlu memilih IC dengan fungsi logika standar yang diinginkan dan menghubungkan IC-IC tersebut untuk memperoleh fungsi logika secara keseluruhan.

IC TTL ini merupakan salah satu alternatif untuk mengimplementasikan desain sistem digital. Rangkaian digital dapat juga diimplementasikan menggunakan devais terprogram (PLD) dan IC aplikasi khusus (ASIC). ASIC didesain dan dioptimasi untuk aplikasi khusus sehingga mendapatkan performansi yang tinggi dengan konstrain yang telah ditentukan. PLD digunakan untuk mengimplementasikan rangkaian logika yang dapat dikonfigurasi (diprogram secara hardware).

Dalam bab ini dibahas tentang IC TTL standar seri 7400 untuk mengimplementasikan rangkaian logika minimum. Rangkaian logika minimum ini terdiri atas gerbang-gerbang logika dasar yang tersusun secara SOP maupun POS. Gerbang logika standar ini diwujudkan dengan IC TTL standar. Parameter elektrik dari tiap IC akan menjadi pertimbangan dalam memilih dan menginterkoneksikan antar-IC membentuk rangkaian logika yang diinginkan.

Pokok bahasan di bab ini meliputi:

  • IC TTL standar seri 7400 untuk fungsi logika dasar
  • metodologi desain rangkaian logika menggunakan IC TTL standar
  • tinjauan praktikal dalam implementasi rangkaian IC TTL untuk menjamin kehandalan sinyal digital

Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan akan mampu untuk:

  1. [C4] memilih IC TTL standar yang diperlukan untuk mengimplementasikan suatu fungsi logika tertentu
  2. [C5] mendesain dan mengevaluasi rangkaian IC TTL standar
  3. [C5] menganalisis parameter elektrik dalam suatu rangkaian IC TTL standar untuk jaminan kehandalan sinyal digital

Download materi kuliah#7 Rangkaian TTL Standar (14/03/2014)

7-rangkaian-ttl-f1567-optimal

Categories: Kuliah, Sistem Digital
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar