Home > Open Journal System (OJS), Tutorial > Materi Workshop OCS (Open Conference System)

Materi Workshop OCS (Open Conference System)

Workshop Teknologi dan Sistem Informasi Pendidikan bagi Dosen Universitas Diponegoro telah diselenggarakan oleh LP2MP Undip tanggal 25-26 September 2014. Bertempat di ruang pelatihan, workshop diisi dengan paparan (dan pelatihan) tentang perkembangan teknologi informasi dalam pendidikan, infrastruktur teknologi informasi Undip, e-Conference (portal konferensi online), e-Journal (jurnal ilmiah online), sistem informasi penelitian dan sistem informasi akademik pendukung pembelajaran.

Saya sendiri diminta untuk mengisi paparan dan workshop tentang e-Conference.

Sistem e-Conference yang digunakan adalah Open Conference System (OCS), yang juga merupakan proyek PKP, sama seperti Open Journal System (OJS). OCS sudah cukup memadai bagi pengelolaan seluruh proses konferensi, mulai dari registrasi pengguna (author, reviewer, registrant), pengelola jadwal, submisi makalah, proses review, pengambilan keputusan terhadap makalah, registrasi peserta sampai presentasi makalah.

Dalam waktu sekitar 2 jam, saya membahas materi OCS. Hihi, sebenarnya saya hanya berbagi (sharing) dari pengalaman dalam mengelola situs e-Conference saat CITACEE 2013 dan ICITACEE 2014. Yang saya sampaikan adalah tentang sekilas instalasi OCS, pengelolaan portal e-Conference, membuat dan mengelola situs konferensi, mengelola event konferensi (timeline, tim, track, program, submisi, review, registrasi, pengumuman), serta proses submisi dan penilaian (review) makalah secara online.

Materi e-Conference dapat dilihat di tautan berikut.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar