Home > Aplikasi Desktop, Tutorial > Lyx di Mac

Lyx di Mac

Ada MacBook Air yang saya gunakan. MacBook Air terinstall MacOS native dengan segala lingkungan OSnya yang berbeda dengan OS Linux yang selama ini saya gunakan.

Adaptasi dan instalasi software yang diperlukan, terutama dalam bekerja, bukanlah merupakan pekerjaan yang mudah. Contohnya program Lyx yang saya gunakan dalam menulis buku. Paket software Lyx-nya sendiri tersedia, namun modul, style dan layout yang saya gunakan belum tersedia dan harus menginstall sendiri.

Saya menggunakan modul Lyx babel-bahasa untuk dukungan Bahasa Indonesia dan natbib. Namun, mudul tersebut tidak serta merta terinstall di Lyx dan tex prosesornya (Mactex / Texlive versi Mac). Saya menginstall BasicTex yang menyediakan semua tools standar untuk menulis dokumen Tex, namun ukurannya kecil, hanya 96MB.

Lyx di Mac diinginkan bekerja seperti saat menggunakan Linux. Lyx, BasicTex dan modul lainnya akan diinstall, terutama babel-bahasa. Paket Lyx untuk Mac dapat diinstall menggunakan instruksi di link berikut. LyX yang saya install adalah LyX-2.1.2+qt4-x86_64-cocoa.dmg. Download dan install seperti menginstall paket MacOS yang lain.

Prosesor Tex yang diinstall adalah BasicTeX.pkg.  Download dan install seperti paket MacOS yang lain.

BasicTex (Texlive) menyediakan utility / manager untuk mengelola modul-modulnya, yaitu tlmgr. Utility tersebut dapat dijalankan dari konsol. Walaupun tersedia opsi (–gui) untuk menjalankannya secara GUI, namun paket dependensinya cukup susah. GUI yang digunakan adalah perl/Tk.

Untuk menginstall babel-bahasa, perintah yang diberikan adalah:
$ sudo tlmgr list
$ sudo tlmgr install babel-bahasa

Semoga bermanfaat.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar