Home > Aplikasi Desktop, Linux, Tutorial > Upgrade Lyx di Linuxmint Qiana (Trusty)

Upgrade Lyx di Linuxmint Qiana (Trusty)

Lyx terinstall di Linuxmint Qiana (Ubuntu Trusty) adalah versi 2.0.6. Versi ini tidak bisa mengkonversi file Lyx versi 2.1.x. Ini jadi masalah saat saya harus bekerja di laptop yang berbeda, satu laptop terinstall LinuxMint Qiana dan satu lainnya terinstall MacOS :).

Saya mulai membiasakan bekerja dengan 2 laptop. Hehehe.. File-file kerja telah tersinkron di dua laptop tersebut. Perubahan file di satu laptop akan disinkronkan (otomatis) di laptop lain. File-file tersebut juga tersimpan di Google Drive untuk persiapan pengerjaan secara kolaborasi.

Lyx di LinuxMint menyimpan file menggunakan format 2.0.6, sedangkan Lyx di MacOS dalam format 2.1. LinuxMint tidak dapat membuka file Lyx yang diedit dan disimpan oleh MacOS karena gagal konversi. Satu-satunya cara adalah mengupgrade Lyx di LinuxMint.

Untungnya di PPA stabil terdapat sudah terdapat paket Lyx terbaru dan stabil (versi 2.1.2). Langkah untuk menginstall Lyx versi 2.1.2 adalah sebagai berikut:

  1.  menambahkan ppa ke repository
    $ sudo add-apt-repository ppa:lyx-devel/release
  2. mengupdate apt
    $ sudo apt-get update
  3. menginstall Lyx
    $ sudo apt-get install Lyx

Beberapa paket tambahan juga akan terinstall, yaitu lyx-common. Paket yang direkomendasikan untuk diinstall adalah texlive-science dan texlive-generic-extra.

Lyx terinstall sekarang di LinuxMint adalah 2.1.2. Ini bisa dicek dengan perintah lyx –version di shell.

Lyx versi baru siap untuk digunakan.

Semoga bermanfaat.

Sumber:

Screenshot-LyX

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar