Home > Android, Tutorial > Mengelola Kontak di Smartphone Android

Mengelola Kontak di Smartphone Android

Setelah cukup lama menemani dan membantu, Smartphone Android (Samsung SCH-i509) berikut nomornya akan diistirahatkan. Ia akan digantikan oleh smartphone baru (Redmi Note). Padahal semua kontak ada yang tersimpan lokal di telepon dan Google. Dan semua kontak perlu dipindahkan ke rumah barunya.

image

Daftar kontak dari SCH-i509 dapat dikirimkan ke Redmi lewat bluetooth. Beragam cara bisa dilakukan. Yang paling mudah dan cepat adalah langsung mengimpornya dari Redmi.
Dari menu kontak, pilih Import/export.

image

Pilih “Import from another phone” untuk mengimpornya dari SCH-i509. Dari daftar brand, pilih “Other phone” karena telepon ini tidak ada dalam daftar Samsung. Gunakan Bluetooth untuk transfer. Pastikan Bluetooth di SCH-i509 diaktifkan dan discoverable.

image

Setelah pairing antara SCH dan Redmi, transfer daftar kontak akan dilakukan. Dan semua daftar kontak yang ada di SCH telah disalin ke Redmi. Ups, 857 kontak terdaftar dan banyak yang rangkap atau duplikat. Kalau dibersihkan satu-satu mana sempat. Perlu tool untuk melakukannya dengan praktis.

image

Cari di Play Store ketemu tool Simpler: Simpler Merge Duplicates. Setelah menggunakannya saya memberikan rating 5, excellence, walaupun ada kontak dua orang berbeda yang termerge jadi satu.

image

Saat dijalankan, Simpler Merge menemukan ada 295 kontak duplikat. Tinggal klak klik tombol untuk menyatukannya.

image

Simpler akan melakukan backup, merging dan hapus kontak duplikat.

image

Dan ini dilakukan secara iteratif sampai tidak dijumpai kontak yang duplikat. Ini iterasi ke-3.

image

Secara umum, tool ini sangat membantu. Kontak tinggal 139 nama.

image

Semoga bermanfaat.

Categories: Android, Tutorial
  1. No comments yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar