Home > Teknik Mikroprosesor > Tugas #1 TKC-211 Teknik Mikroprosesor

Tugas #1 TKC-211 Teknik Mikroprosesor

Kuliah pertama TKC-211 Teknik Mikroprosesor saya isi dengan memberikan pengantar perkuliahan dan tentang pendahuluan teknik mikroprosesor. Download materinya di sini.

Pengantar perkuliahan berisi deskripsi kuliah, standar kompuetensi, buku acuan, rencana perkuliahan / GBPP dan evaluasi serta penilaian hasil pembelajaran. Pendahuluan teknik mikroprosesor berisi tinjauan umum tentang rangkaian terintegrasi digital (IC, integrated circuit), antarmuka dan peripheral dan sistem mikroprosesor.

Salah satu kompetensi yang disasar adalah mahasiswa mampu untuk mengimplementasikan (memprogram) aplikasi menggunakan mikroprosesor. Mikroprosesor yang akan digunakan adalah MCS-51. Bahasa yang akan digunakan adalah assembly dan C.

Penggunaan bahasa assembly mengharuskan mahasiswa untuk memahami kode-instruksi instruksi mikroprosesor yang akan digunakan dan fungsinya masing-masing. Tiap prosesor mempunyai kode instruksi yang berbeda.

Tugas #1 MK ini bertujuan agar mahasiswa memahami set kode instruksi MCS-51 dan membandingkannya dengan kode instruksi mikroprosesor lain (sebaiknya prosesor RISC, reduced instruction set computing). Dengan pemahaman tentang set instruksi dan perbandingannya ini mahasiswa dapat mengimplementasikan program untuk suatu aplikasi berbasis MCS-51 dan prosesor lainnya tersebut.

Deskripsinya tugasnya adalah sebagai berikut:

Mahasiswa membuat daftar set/himpunan kode instruksi untuk 2 tipe mikroprosesor/mikrokontroler. Mikroprosesor pertama adalah MCS-51 (8051), sedangkan yang kedua bebas (misal: AVR, ARM32, PIC, DSP (mis: TMS320C25x)) atau yang lainnya (misal: Zilog Z80, Intel 8080).

Himpunan kode instruksi tersebut dikelompokkan berdasarkan tipe instruksinya masing-masing, misalnya untuk penanganan data dan operasi memori, untuk operasi ALU (arithmethic and logic unit) atau untuk operasi kontrol.

Daftar tersebut dibuat dalam bentuk tabel dengan format dan contoh sebagai berikut:

A. Operasi ALU

NoInstruksi MCS-51Instruksi Pros#2Keterangan Fungsi
1 INCINC Menambah isi akumulator dengan 1
[ACC] <- [ACC] + 1
2 <INSTR#1> Instruksi yang hanya ada di MCS-51
3 <INSTR#2>Instruksi yang hanya ada di Pros#2
4 <INSTR#1A><INSTR#2A> Instruksi dengan fungsi yang sama, namun beda kode

Dan seterusnya.

Solusi tugas dibuat dalam bentuk file doc (bukan docx) atau pdf. Solusi dikirimkan ke tiap kormat dan dikumpulkan dalam satu folder. Nama file berisi identitas NIM. Contoh: 13295077-tugas#1-mikroprosesor.doc. File yang tidak mengikuti ketentuan tidak akan diproses.

Batas waktu pengumpulan adalah 28 September 2015 (Kelas A) dan 1 Oktober 2015 (Kelas B).

Selamat bekerja.

Referensi pembantu (Catatan: wikipedia hanya digunakan sebagai pintu masuk 🙂 )

 

  1. No comments yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar