Home > Open Journal System (OJS), Tutorial > Permasalahan Email di OJS dan Solusinya

Permasalahan Email di OJS dan Solusinya

OJS (Open Journal System) yang digunakan sebagai platform ejournal secara online menggunakan email sebagai media korespondensi antar aktor yang terlibat (pengelola jurnal, editor, section editor, penulis, reviewer, reader dan layout editor). Saat calon penulis mendaftarkan dirinya, ia akan mendapat email welcome. Saat ia mengirimkan artikelnya, ia akan menerima email untuk keseluruhan proses manuscript, mulai dari submisi online, informasi hasil telaah oleh reviewer sampai keputusan editor terkait artikelnya. Secara ringkas, email ini komponen yang esensial dalam OJS sehingga harus dipastikan tidak bermasalah.

Namun, seringkali email dari OJS tidak bisa terkirim ke pengguna sehingga mengganggu proses pengelolaan artikel jurnal. Penyebabnya adalah sebagai berikut:

  1. Email belum diaktifkan di konfigurasi OJS (config.inc.php)
  2. DNS belum resolved. Akibatnya adalah surat tidak menemukan alamat tujuan atau alamat tujuan tidak dikenali
  3. Email diblok oleh spamhaus. Analoginya adalah surat ditolak oleh penerima
  4. IPv6 aktif sehingga email ke yahoo.com selalu timeout. Analoginya adalah alamat ganda dan membingungkan. Untuk memastikan valid, semua alamat dicekm namun satu alamat timeout.

Problem (1) dapat diatasi dengan mengubah konfigurasi smtp di file config.inc.php sebagai berikut:
smtp = On

OJS akan menggunakan MTA (mail transfer agent) yang terinstall di sistem operasi, misalnya Postfix.

Problem (2) muncul dengan pesan error “DNS not resolved”, misalnya saat mengirimkan email ke gmail.com atau yahoo.com. Problem ini sering terjadi sat server OJS tidak dapat menerjemahkan nama domain menjadi alamat IP. Pastikan bahwa server DNS telah disetel dan tes dengan ping ke gmail.com dari server OJS. Kalau host gmail.com membalas, berarti problem ini telah teratasi.
$ ping gmail.com
Kalau tidak resolved, tambahkan server DNS di setelan /etc/resolv.conf (daftarnya bisa dilihat di sini):
nameserver 103.247.15.71

Problem (3) terjadi karena server OJS dan/atau host di jaringan yang teridentifikasi oleh Spamhaus CBL (composite blocking list) terinfeksi spam yang mengirimkan trojan, link malicious dan berbagai bentuk botnet. Referensi dari CBL digunakan oleh hampir semua MTA, misalnya Gmail, Ymail, Postfix. Email dari OJS ke Gmail, Ymail yang menggunakan Spamhaus akan ditolak kalau IP server OJS terdaftar dalam CBL tersebut. Cek apakah IP server OJS dan gateway yang digunakan tidak terdaftar di CBL dengan mengakses ke alamat http://www.abuseat.org/lookup.cgi?ip=alamat_ip.

Problem (4) kadang muncul saat mengirimkan email ke yahoo. Koneksi ke yahoo selalu timeout. Problem tersebut salah satunya disebabkan karena IPv6 aktif. Untuk mengatasinya, non-aktifkan IPv6 dengan cara mengubah konfigurasi /etc/sysctl.conf dan /etc/sysconfig/network sebagai berikut:
#/etc/sysctl.conf
net.ipv6.conf.all.disable_ipv6 = 1
net.ipv6.conf.default.disable_ipv6 = 1
net.ipv6.conf.lo.disable_ipv6 = 1

#/etc/sysconfig/network
NETWORKING_IPV6=no

Cek dengan perintah sysctl berikut:
$ sysctl -p
$ cat /proc/sys/net/ipv6/conf/all/disable_ipv6
1

Semoga bermanfaat.

  1. No comments yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar