I’m Alive!

Yes! Setelah sekian lama vakum, blog ini kembali hidup. Ini adalah artikel pertama sejak hampir 3 bulan lalu.

Beberapa kendala yang sering muncul adalah server down, tidak bisa login, kegagalan koneksi ke database dan kegagalan otentikasi captcha. Namun, kendala tersebut saat ini telah dapat diatasi.

Yang kentara adalah server blog terkena malware jQuery.min.php. Malware ini menambahkan skrip di header.php tiap themes yang digunakan di server blog, sehingga setiap kali situs-situs blog dilihat oleh pengunjung, skrip ini tereksekusi. Dia mengambil skrip dari situs tertentu yang telah terinfeksi. Tampilannya adalah sebagai berikut:

Screenshot at 2016-05-05 22:29:03

Sebelum dibersihkan, malware ini membuat seringnya kegagalan koneksi ke database. Mungkin karena dia memakan resource network yang besar.

Malware telah dibersihkan dengan menghapus tag script di file header.php semua themes. Untuk mencegah kembali, semua direktori telah discan untuk mengantisipasi tertanamnya backdoor.

Berikutnya adalah otentikasi captcha yang selalu gagal akibat cookie. Kegagalan ini telah diatasi dengan konfigurasi plugins captcha dan php.ini.

Mudah-mudahan tidak ada masalah lagi di server. Kegiatan menulis dan penuangan ide blogger Undip semoga dapat terus mengalir.

– sebuah catatan kecil

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.