Hacking Confproc, Modal Tekad…

Bisa dikatakan nekad juga. Saya sadar tidak mahir dan terbiasa dengan pemrograman. Kalau diminta membuat program dari awal dengan alur yang dikehendaki, mesti buka Google untuk melihat sintaksnya. Jadi, kalau ujian skripsi, pasti gagal, hahaha, lha wong ndak boleh buka buku.

Hacking confproc? Nekad.. Bermodalkan logik saja. Namun, ada tekad untuk selesai hari itu juga. Resiko belakangan. Pengennya agar jurnal dan prosiding dapat dibuat secara otomatis, tidak perlu layout-layoutan lagi yang memakan waktu. Berharap bermunculan bintang-bintang saat memodifikasi confproc dengan melihat kode sumber dan menelusur alur logikanya, … Jiah.

Ok. Sudah cukup pengantarnya. Sekarang agak seriusan.

Paket Confproc digunakan untuk membuat prosiding konferensi secara otomatis, dengan menggabungkan file-file artikel pdf, latex dalam satu file. Plus dengan menambahkan header dan footer yang telah ditentukan. Confproc juga digunakan untuk melayout artikel jurnal secara konsisten. Lihat catatan dari Vincent.

Saya sendiri sudah menggunakannya lama untuk membuat prosiding CITACEE-2013, ICITACEE-2015 dan beberapa nomor jurnal JSISKOM. Sekarang ingin menggunakannya untuk Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer. Yang perlu dilakukan adalah hanya mengumpulkan file artikel pdf dalam satu folder, membuat spreadsheet berisi daftar artikel (dan sedikit metadata artikelnya) dan menjalankan skrip untuk mem-build prosiding.

Sederhana dan bermanfaat menghemat waktu layout artikel dan hasilnya adalah satu prosiding, lengkap dengan daftar isi, indeks penulis, footer dan header yang dapat diatur.

Namun satu hal adalah layout yang dihasilkan oleh Confproc masih monoton, walaupun konsisten. Semua halaman mempunyai pola header dan footer yang sama. Diinginkan footer dan header di halaman depan tiap artikel beda dengan halaman lain. Selain itu, diinginkan dapat menyisipkan informasi kapan artikel disubmit, direvisi, diterima dan DOI artikel. Nah, ini baru rame.

Confproc menggunakan Perl dan pdflatex. Modifikasi yang perlu dilakukan adalah di skrip Perl-nya dan class Latex confproc.cls.

Modifikasi yang dilakukan untuk jtsiskom, yaitu:

  1. File generateswitch.pl (Perl)
    Menambahkan field dsubmit, drevise, daccept dan doi untuk menyimpan metadata artikel tanggal disubmit, tanggal direvisi, tanggal diterima dan DOI. Field-field tersebut di-parsing oleh skrip ini dari file spreadsheed (csv, comma separated value). Field juga ditambahkan ke file expaperswitch.tex hasil keluaran dari skrip yang digunakan oleh kompiler pdflatex.
  2. File kelas dokumen Latex confproc.cls (Latex)
    Berisi layout dan format artikel. Modifikasi dilakukan untuk menyisipkan informasi tanggal submit, revisi, diterima dan doi ke halaman sirahan (pertama) dari tiap artikel. Halaman-halaman lain diisi dengan nama jurnal, halaman dan copyright.
  3. File konfigurasi jurnal jurnal_tsiskom-vol4-num3.tex (Latex)
    Mengeset nama jurnal, halaman mulai, kalimat copyright dan peletakan header/footer.

Setelah file tersebut di-modif, jurnal dan/atau prosiding dapat dibangkitkan hanya dengna sekali perintah dan dalam waktu relatif singkat. Saya gunakan skrip ini untuk melakukan layout Jurnal Sistem Komputer Vol.4, Num.3, Tahun 2016.

Berikut file jurnal hasil eksekusi skrip. Di halaman pertama artikel, header berisi informasi yang disisipkan otomatis oleh skrip.

Judul-Sirahan

Footer di halaman pertama tiap artikel.

Footer-sirahan

Header dan footer di halaman lain artikel berbeda dengan halaman sirahan. Di JTSiskom, hanya footer yang ingin ditampilkan.
Footer-biasa

Skill (ketrampilan, ketrampilan) lahir karena latihan dan perlu proses. Jangan takut mencoba. Karena langkahmu dimulai di titik ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.