DB Error: Column ‘scopus’ cannot be null

Ini masih seputar Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom) yang kami kelola. Pesan “DB Error: Column ‘scopus’ cannot be null” muncul saat pengguna baru mendaftar ke JTSiskom. Pesan¬† tersebut muncul jika pengguna mengosongkan form Scopus ID (karena memang tidak punya) saat mengisi form mendaftar.

Screenshot at 2016-08-27 21:42:23

Dari form pendaftaran (registrasi pengguna), Scopus ID sifatnya opsional, boleh diisi kalau punya dan boleh dikosongkan. Dari sisi form (view) sudah benar. Dan memang dari pesan error, masalahnya di skema database. Sudah kubilang kan, saya bukan programmer.  Saat memodifikasi OJS dengan menambahkan field Scopus ID (scopus) dan templatenya, yang terpikir yang penting jalan, namun tetap mengikuti style OJS. Untung ada yang memberitahu bug tersebut.

Solusinya sederhana. Property NULL di field scopus diset yes, sehingga field ini dapat bernilai NULL. Saya tetap membuat nilai default scopus NULL agar kalau pengguna tidak mengisi Scopus ID, maka tidak akan ditampilkan di profil pengguna.

Screenshot at 2016-08-27 21:57:14

Jadi kalau Anda kebetulan mengetahui kesalahan/bug di portal jurnal JTSiskom, mohon kiranya saya dikasih tahu. Matur nuwun sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.