Jurnal Dosen Minggu W45

Alhamdulillah. Di minggu ini, beberapa kegiatan telah selesai dilakukan. Mengajar, membagi pengetahuan/ketrampilan di pelatihan, mengelola jurnal online dan remote troubleshooting server jurnal online. Mudah-mudahan bisa memberikan manfaat.

Semester ini mengajar robotika dan teknik mikroprosesor masing-masing 2 kelas. Kegiatan rutin mengajar setiap minggu. Teknik mikroprosesor diisi tentang register 8051. Mahasiswa juga diberikan tugas untuk membuat aplikasi input-output sederhana dengan simulator mcu8051 menggunakan teknik ragam pengalamatan. Robotika diisi dengan kinematika robot beroda pengendali diferensial. Mahasiswa juga diberikan tugas untuk mengimplementasikan dan menganalisis beragam gerak (manuver) robot ini menggunakan Matlab.

Hari Senin (7/11) mendapat tugas sebagai pengajar dari LP2MP Universitas Diponegoro dalam kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Teknologi dan Sistem Informasi bagi Dosen Undip Tahun 2016. Dalam kegiatan tersebut saya berbagi pengetahuan tentang jurnal ilmiah online.

Saya mencoba menjabarkan materi dengan perspektif dosen sebagai peneliti (penulis artikel jurnal) dan/atau pengelola jurnal. Sebagai penulis artikel, teknik pencarian artikel di jurnal elektronik, life-cycle artikel yang disubmit ke jurnal dan pembuatan profil publikasi di Google Scholar dipaparkan. Sebagai pengelola jurnal, dipaparkan tentang konfigurasi dasar jurnal online dan teknik pengelolaan jurnal online mulai dari pengiriman artikel, proses editorial, review dan editing serta penerbitan nomor jurnal. Unduh artikel di [https://goo.gl/30Z07U]

Selasa dan Rabu (8-9/11) diminta untuk berbagi ilmu oleh PGSD Unnes Semarang tentang Mendeley dan Google Scholar bagi dosen dan mahasiswa PGSD. Dalam kegiatan tersebut saya membagi pengetahuan dan keterampilan tentang Mendeley dan pemanfaatannya untuk mengelola pustaka dalam penyusunan dokumen ilmiah. Di hari kedua, dipaparkan tentang Google Scholar dan pemanfaatannya dalam penelusuran literatur  ilmiah serta pembuatan profil publikasi.

Mendeley, instalasi dan registrasi pengguna telah dipaparkan. Demikian juga pengelolaan referensi, mulai dari setup, pembuatan folder, pencarian dokumen, menambah dokumen PDF, mencari referensi, menambah referensi dari web, dan penghilangan duplikasi. Pemanfaatan PDF viewer dengan fitur highlight dan annotate juga dipaparkan. Kemudian cara mensitasi di MS Word dan LibreOffice Writer menggunakan plugins Mendeley, menyisipkan sitasi, style sitasi, custom sitasi dan membuat daftar pustaka. Selain itu, dipaparkan juga pembuatan grup, profil dan showcase publikasi untuk kolaborasi referensi dengan anggota grup. Pencarian literatur, katalog online, statistik dan artikel terkait juga dipaparkan.

Materi Google Scholar (GS) berisi tentang pengenalan GS dan bagaimana dokumen ilmiah (artikel, buku, paten) terindeks di GS serta katalog jurnal di Indonesia One Search (IOS Perpusnas) dan DOAJ. Kemudian tentang trik pencarian dasar dengan GS dan pencarian lanjut. Hasil pencarian dapat difilter, disitasi, ditambahkan ke pustaka, dan opsi lain. Selain itu, dipaparkan pengaktifan pengingat email jika ada artikel baru terindeks sesuai dengan hasil pencarian yang pernah dilakukan dan jika ada sitasi di artikel yang kita punya.  Unduh materi di [https://goo.gl/qvIxES]

Yang agak seru adalah membantu troubleshooting server OJS balitbang KP dan upgrade jurnal OJS UM Metro secara remote.

Server jurnal online balitbang KP mempunyai beberapa isu, di antaranya adalah celah keamanan yang dimanfaatkan untuk upload malware, email yang tidak bisa terkirim karena terdaftar di spamhaus, batas ukuran file yang terlalu kecil dan upload yang selalu gagal. Alhamdulillah, semua sudah bisa diatasi.

Server OJS diperkuat (hardened) dan file-file malware yang diupload saat submit artikel telah dihapus. Spamhaus sudah delisted dan tidak muncul lagi. Masih ada kendala sih, yaitu email masih tidak bisa terkirim ke Gmail  karena “missing PTR records” dari alamat IP router. Saya duga karena konfigurasi router yang perlu di-tune. Namun, email sudah bisa terkirim walaupun harus menggunakan relay Gmail. Upload dan penambahan ukuran file juga sudah teratasi.

Portal jurnal online FKIP UM Metro hendak diupgrade dari ojs-2.4.3 menjadi ojs-2.4.8.1 untuk mendukung fitur yang hanya ada di ojs-2.4.8. Ini seperti yang pernah saya lakukan sebelumnya. Upgrade dilakukan secara safe dengan menyalin semua database, direktori ‘ojs_files’, direktori public dan direktori lainnya (beberapa custom theme). Proses upgrade telah dilakukan dan portal jurnal baru telah beroperasi dengan lancar.

Alhamdulillah. Weekend ini bisa beristirahat, berolah raga dan bermain dengan keluarga.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.