Home > Aplikasi Desktop, Linux, Tutorial > Installer USB Windows di LinuxMint dengan WinUSB

Installer USB Windows di LinuxMint dengan WinUSB

LinuxMint 17.3 Rosa mempunyai beberapa tool untuk membuat USB Bootable yang bisa langsung diinstall menggunakan APT, misalnya USB Image Writer dan UNetbootin. Tool-tool tersebut dapat digunakan untuk membuat installer OS di USB dari file ISO-nya.

USB Image Writer sering saya gunakan untuk membuat installer Linux Server, baik Ubuntu, Suse, Debian maupun Centos. Tidak ada masalah. USB dikenali dan image installer dapat dikenali oleh BIOS komputer. Namun tidak demikian halnya dengan OS Windows (10).

Installer OS Windows tidak dapat di-boot dari USB yang dibuat menggunakan USB Image Writer. Dengan UNetbootin juga tidak bisa. Saya duga masalahnya di bootloader (dan filesystem) yang tertulis di USB. Namun, saya tidak ingin mengeksplor-nya.

Pilihan berikutnya jatuh ke WinUSB. Versi yang digunakan adalah versi fork oleh slacka. Kode sumber ada di GitHub.

WinUSB tidak ada di repositori LinuxMint, sehingga perlu ditambahkan.

$ sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
$ sudo apt update

Install WinUSB:

$ sudo apt install winusb

Setelah terinstall, klik ikon WinUSB dan jendela untuk memasukkan password root muncul. WinUSB memerlukan privilege root saat dijalankan.

Screenshot at 2017-01-25 10:00:22

Pilih disk image ISO dan target device USB. Pastikan USB tidak ter-mounting. WinUSB akan memformat USB dengan filesystem FAT dan menyalin file-file dari ISI ke USB.

Installer USB Windows telah siap digunakan dan BIOS dapat mengenali bootloader yang terinstall di USB. Proses instalasi Windows dilakukan seperti biasanya.

Sumber:

 

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar