Home > Kuliah, Sistem Digital > Rangkaian Kombinasional (Bagian 1)

Rangkaian Kombinasional (Bagian 1)

10_MUX-serializerDi bab sebelumnya telah dibahas tentang operasi aritmetika penjumlahan dan pengurangan bilangan digital tak bertanda dan bertanda. Operasi aritmetika tersebut diwujudkan dalam rangkaian penjumlah/pengurang n bit. Rangkaian ini merupakan komponen penyusun sistem komputer di unit logika dan aritmetika (ALU) untuk menjalankan instruksi berupa operasi aritmetika.

Komputer juga tersusun atas komponen penyusun digital lainnya, misalnya multiplekser, konverter kode, dekoder alamat, register, pencacah (counter) dan rangkaian digital lainnya. Rangkaian-rangkaian digital tersebut dapat digolongkan dalam 2 tipe, yaitu rangkaian kombinasional dan rangkaian sekuensial.

Rangkaian kombinasional mempunyai nilai keluaran di suatu waktu hanya ditentukan oleh nilai dari masukannya di waktu tersebut. Dalam rangkaian ini tidak ada penyimpanan informasi atau ketergantungan terhadap keadaan rangkaian (keluaran) sebelumnya. Contoh rangkaian kombinasional adalah multiplekser, enkoder, dekoder, demultiplekser dan ALU.

Rangkaian sekuensial mempunyai nilai keluaran di suatu waktu ditentukan oleh nilai masukannya waktu itu dan nilai keluaran sebelumnya. Rangkaian ini mempunyai penyimpan (storage) untuk menyimpan nilai keluaran sebelumnya. Elemen dasar untuk menyimpan data 1 bit adalah flip-flop. Contoh rangkaian sekuensial adalah register dan pencacah.

Dalam bab ini akan dibahas tentang rangkaian kombinasional dan blok komponen penyusunnya. Pokok bahasan di bab ini meliputi:

  • blok rangkaian kombinasional, yaitu berupa multiplekser, enkoder, konverter kode, dekoder, demultiplekser;
  • teorema ekspansi Shannon dan desain rangkaian digital menggunakan multiplekser;
  • rangkaian tampilan 7-segmen.

Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan akan mampu untuk:

  1. [C2] menjelaskan fungsi karakteristik blok komponen rangkaian kombinasional dengan tepat;
  2. [C4] mengaplikasikan blok rangkaian kombinasional dalam desain sistem digital serta menganalisisnya;
  3. [C4] merancang dan menganalisis rangkaian multiplekser dari fungsi logika yang diinginkan menggunakan ekspansi Shannon;
  4. [C5] mengimplementasikan rangkaian multiplekser menggunakan IC TTL dan mengujinya.

Download materi [Eprints: Rangkaian Kombinasional (Bagian 1)]

Categories: Kuliah, Sistem Digital
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar