Tampilan Informatif untuk Artikel Ilmiah di JTSiskom

Salah satu peran pengelola jurnal online adalah menghadirkan artikel-artikel ilmiah yang telah di-review substantif di web jurnal. Artikel tersebut sedapat mungkin disajikan serepresentatif dan menarik mungkin, selain mengandung metadata yang diperlukan oleh mesin pengindeks. Dari halaman artikel ini, pengunjung bisa melihat fulltext PDF baik windowed maupun full screen serta dapat mengunduhnya. Ini di sisi representasi dan tampilan loh ya..

Screenshot at 2017-05-23 21:40:36

Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom, ISSN: 2338-0403) menyajikan artikel ilmiah tersebut seinformatif mungkin. JTSiskom itu sendiri menggunakan OJS-2.4.8.1 dan theme MPG.

Informasi yang ditampilkan yang utama adalah judul, nama-nama penulis, DOI artikel, copyright, abstrak, referensi, tanggal submit, tanggal publish, section dan nomor artikel. Tanggal submit, publish, section dan nomor issue terisi otomatis. Informasi lainnya adalah perangkat how-to-cite dan bookmarklet untuk program referencer (Mendeley, Citeulike, Endnote, Procite dan Zotero).

Informasi penulis juga menampilkan informasi afiliasi dan profil publikasinya, di Orcid, Google Scholar, Scopus dan Sinta. Penulis akan diminta editor jurnal untuk melengkapi informasi tersebut saat artikelnya dinyatakan diterima. Di tab Authors, jika nama penulis di-klik, maka akan tampil daftar publikasinya di JTSiskom. Penasaran?

Tool how-to-cite dan bookmarklet digunakan untuk membantu pengunjung untuk melakukan sitasi / pengutipan terhadap artikel yang dibacanya sesuai dengan tipe sitasinya. Bookmarklet memudahkan pengunjung mengimpor metadata artikel ke program manajemen referensi yang dimilikinya (misal: Mendelay) sehingga dapat digunakan dalam menyisipkan sitasi nantinya saat membuat makalah. Coba deh..

Jumlah pengunjung dan download artikel menunjukkan metrik artikel. Seneng juga penulis kalau menjumpai artikelnya banyak dikunjungi dan diunduh. Memperluas diseminasi dan meningkatkan peluang indeksasi…

Satu lagi.
Pengunjung juga diberi fasilitas untuk mengirimkan email ke penulis korespondensi untuk apalah apalah. Syaratnya harus login di sistem, minimal sebagai reader. Komitmen kami pengelola untuk menjaga privasi pengguna kami. Kalau pengunjung berminat, mereka bisa memberitahu koleganya atau mahasiswanya. Biar nulis bareng untuk diterbitkan di JTSiskom, hihi.

Sudah itu saja. Gaya tulisan mulai ndak nggenah. Sing penting muga manfaat.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar