Home > Tutorial > Kesalahan Pengambilan Metadata Artikel oleh Mendeley

Kesalahan Pengambilan Metadata Artikel oleh Mendeley

Mendeley dapat digunakan untuk mengelola referensi artikel ilmiah. Untuk memudahkan dalam menambah referensi dari web, misalnya dari situs jurnal online, Mendeley menyediakan plugins web importer yang dapat diinstall di browser Firefox, Chrome, IE dan Safari.

Screenshot at 2017-05-25 09:41:38

Dalam beberapa (banyak) kasus, plugins itu tidak dengan tepat mengambil metadata artikel sehingga informasi artikel yang akan disimpan tidak benar, seperti artikel yang diambil dari salah satu jurnal di biomedcentral.com. Judul artikel, penulis, nama jurnal, volume, issue, tahun dan doi diterjemahkan salah oleh Mendeley. Kita harus mengeditnya sebelum menambahkannya di daftar referensi.

Screenshot at 2017-05-25 09:51:57Apa permasalahan dan bagaimana solusinya? Mendeley web importer menggunakan metadata artikel yang tersedia di halaman situs jurnal sebagai field referensi. Situs jurnal menyediakan metadata ini dengan beragam format, mulai dari Google Scholar, DC (dublin core) dan format lainnya.

Biomedcentral menyediakan metadata yang lengkap dari artikel dengan beragam format (GS, prism, DC dan lainnya). Ini dapat dilihat dari source html halaman artikel. Lalu, kenapa Mendeley bisa salah menterjemahkan?

Metadata artikelnya sudah tersedia, misalnya metadata GS citation_title.

Screenshot at 2017-05-25 09:59:03Artikel tersebut juga menyediakan metadata citation_reference. Dan metadata terakhirnya berisi citation_title (DECIPHER: harnessing…) yang diambil oleh Mendeley sebagai judul artikel tersebut. Padahal field tersebut adalah konten dari metadata citation_reference, bukan nama. Dan deskripsi lainnya seperti citation_journal_title, citation_author, citation_volume, citation_issue, citation_pages, citation_publication_data dan citation_doi.

Screenshot at 2017-05-25 10:01:52Dugaan saya adalah Mendeley web importer belum bisa membedakan field tersebut di atas itu sebagai nama meta atau bagian isi dari meta. Harusnya Mendeley mampu menyeleksi hanya berdasarkan nama saja.

Mudah-mudahan bisa segera diperbaiki.

Categories: Tutorial
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.

Skip to toolbar