Menampilkan Bahasa Artikel di OJS

Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom) menampung artikel berbahasa Indonesia atau English. Informasi bahasa artikel atau fulltext PDF dapat diset oleh penulis dan/atau editor. Nah, theme-theme standar di OJS (PKP Open Journal System) informasi bahasa ini, baik di daftar isi tiap nomor atau di halaman artikel itu sendiri. Di metadata artikel sendiri sebenarnya sudah terset, yang digunakan oleh pengindeks untuk memberikan informasi bahasa artikel tersebut.

Dalam situs web yang multi-bahasa, JTSiskom membebaskan pembaca untuk menyetel bahasa web yang diinginkan. Ada tampilan yang cukup mengganggu ketika pembaca menyetelnya ke bahasa Inggris, namun artikel berbahasa Indonesia. Ini tampilannya. Ndak sreg juga.

JTSiskom-Issue-before-Screenshot at 2018-02-19 12:18:56

Selain itu, tidak ada informasi di halaman artikel. Yo wis, sambil nyruput kopi buka laptop imut Lenovo X61. 

Pengennya menambah informasi bahasa artikel di daftar isi berupa bendera negara atau kode. Untuk jurnal yang multi-bahasa (baik artikel maupun halaman web), sepertinya itu penting. Hehehe. Mung terlalu rame, walaupun sebenarnya akan menarik.

Screenshot at 2018-02-19 13:06:58

Sementara yang bisa dilakukan adalah menghilangkan frasa “Bahasa Indonesia” di halaman daftar isi dan menambah informasi bahasa artikel di halaman artikel. Begini tampilannya.

Screenshot at 2018-02-19 22:47:12

Screenshot at 2018-02-19 22:49:28

Begitulah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.