JTSiskom Ikut Pelatihan Penyuntingan dan Penelaahan Artikel Jurnal

Alhamdulillah…

Menutup bulan Juni, selama dua hari kemarin, Kamis-Jumat (28-29/6), Jurnal Teknologi dan Sistem Komputer (JTSiskom) mengikuti kegiatan ToT penyuntingan dan penelaahan artikel jurnal yang diadakan oleh LPPM Undip di the Wujil, Ungaran Semarang. Bersama editor dan  reviewer dari 58 jurnal Undip yang telah menerapkan tata kelola jurnal secara elektronik dengan baik dan berpotensi menjadi jurnal terakreditasi, editor dan mitra bestari JTSiskom ikut sebagai peserta pelatihan.

Kegiatan ini memberikan pelatihan tentang standar dan proses penelaahan dan penyuntingan artikel kepada editor dan reviewer jurnal Undip sehingga jurnal dapat menghasilkan mutu artikel yang baik dan konsisten.   Hal ini dilakukan sebagai upaya mendorong jurnal-jurnal Undip menjadi jurnal terakreditasi nasional dan dapat terindeks di pengindeks internasional bereputasi.

Narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini adalah Dr. Lukman, ST, M.Hum yang saat ini menjabat Kepala Subdit Fasilitasi Jurnal Ilmiah Kemenristekdikti dan 5 orang narasumber internal Undip.

Pak Lukman memaparkan kebijakan akreditasi jurnal ilmiah berdasarkan Permenristekdikti No. 9 Tahun 2018. Selain itu, beliau menyampaikan apa-apa yang perlu dipersiapkan oleh pengelola jurnal dalam mengajukan akreditasi yang meliputi kualitas substansi isi artikel dan manajemen penerbitan.

Prof. Dr.rer.nat Heru Susanto sebagai narasumber kedua menyampaikan standar penelaahan artikel yang baik bagi reviewer. Beliau menyampaikan tentang proses dan standar penelaahan artikel, termasuk untuk memberikan catatan, saran perbaikan dan rekomendasi terhadap substansi isi naskah yang dikirimkan ke jurnal.

Beliau juga menyampaikan bahwa kesalahan umum dalam artikel adalah tidak mempunyai struktur yang jelas dan logis, gagal menyatakan tujuan artikel, kurang dalam melakukan kajian literatur dan analisis gap, serta pernyataan kesimpulan yang tidak didukung oleh hasil penelitian.

Paparan tentang standar penyuntingan artikel yang baik disampaikan oleh Prof. Dr. Istadi (Ketua Editor Bulletin of Chemical Reaction Engineering & Catalysis, terindeks Scopus dan ESCI). Beliau menyampaikan bahwa editor berperan dalam menjaga mutu substansi isi, kebakuan bahasan dan konsistensi layout di setiap artikel yang dimuat oleh jurnal. Beliau juga mengingatkan kesalahan fatal yang sering dijumpai dalam jurnal adalah ketika artikel jurnal tidak sesuai dengan gaya selingkung yang dibakukan di jurnal dan ada di petunjuk penulisan.

Di hari kedua, penyeleksian artikel berdasarkan komentar reviewer dan pengecekan unsur plagiarisme disampaikan Prof. Dr. Edi Kurnianto (Ketua Editor Journal of the Indonesian Tropical Animal Agriculture, terindeks Scopus dan ESCI). Beliau menyampaikan bahwa inti kekuatan artikel jurnal ada di penulis, editor dan reviewer. Beliau juga menyampaikan bahwa catatan komunikasi antara penulis, editor dan reviewer ini juga perlu disimpan oleh penulis dan editor.

Untuk sesi praktek, proses penelaahan artikel secara online di OJS bagi reviewer disampaikan oleh mas Wahyu Setiyadi, ST, M.Kom, sedangkan proses penyuntingan disampaikan oleh pak Anang Wahyu Sejati, ST, MT (Editor Geoplanning: Journal fo Geomatics and Planning, terakreditasi Kemenristekdikti). Mas Wahyu mengingatkan editor untuk mendokumentasikan semua hasil review artikel di OJS. Pak Anang menyatakan editor mempunyai peran sentral dalam pengelolaan artikel yang dikirimkan ke jurnalnya.

Semoga dapat bermanfaat… (Foto-fotonya menyusul…)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This blog is kept spam free by WP-SpamFree.